Tuesday, February 13, 2018

Gejala jenis dan Pengobatan penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit yang melibatkan kadar glukosa darah tinggi. Saat seseorang makan makanan, tubuh mengubahnya menjadi glukosa. Glukosa kemudian diangkut dari aliran darah ke sel oleh hormon yang disebut insulin. Hormon ini dibuat di pankreas. Bila tubuh tidak cukup membuat insulin, diabetes terjadi. Ini adalah penyakit yang membuat individu berisiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan masalah mata.

penyakit diabetes

Jenis Jenis Penyakit Diabetes


Prediabetes adalah suatu kondisi di mana tingkat gula darah seseorang tinggi, namun tidak cukup tinggi untuk dianggap diabetes. Seseorang dengan prediabetes dapat menderita diabetes di kemudian hari tanpa pengobatan.

Diabetes tipe 1 terjadi pada sekitar 10 persen dari semua orang yang menderita diabetes, menurut Merck Manuals Online Medical Dictionary. Pada jenis diabetes ini, 90 persen sel yang memproduksi insulin di pankreas dapat dimusnahkan secara ireversibel. Karena itu, tidak ada insulin yang dihasilkan.

Pada diabetes tipe 2, pankreas menghasilkan insulin yang cukup, namun tubuh tidak menggunakannya dengan benar. Kadar glukosa darah tetap tinggi karena tubuh menolak efek insulin.


baca : how to take care of newborn

 Gejala Penyakit Diabetes


Mayo Clinic melaporkan bahwa meskipun gejala diabetes bergantung pada jenis diabetes yang ada, individu mungkin mengalami gejala tertentu terlepas dari jenis diabetes yang mereka miliki. Bila gula darah tinggi, seperti halnya diabetes, kelebihan gula tumpahan ke dalam urin dan menyebabkan ginjal mencoba mencairnya dengan mengeluarkan sejumlah besar air. Hal ini menyebabkan penderita diabetes sering buang air kecil dan juga menyebabkan rasa haus meningkat. Beberapa gejala diabetes lainnya termasuk penurunan berat badan, kelelahan, kelaparan berlebihan, penglihatan kabur dan luka yang tidak cepat sembuh.



Faktor risiko orang terkena Diabetes


Faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan individu terkena diabetes. Riwayat keluarga merupakan salah satu faktor risiko. Mayo Clinic mengatakan bahwa individu lebih cenderung terkena diabetes jika orang tua atau saudara kandungnya memilikinya. Beberapa faktor risiko lainnya meliputi ras, berat badan, tidak aktif dan usia. Orang Afrika-Amerika, Asia-Amerika, Amerika-India dan Hispanik memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes. Seiring bertambahnya usia, risiko terkena penyakit ini meningkat. Memiliki banyak lemak dalam tubuh bisa membuat tubuh menjadi resisten terhadap efek insulin. Olahraga membantu penggunaan glukosa, meningkatkan penggunaan insulin tubuh dan mencegah penambahan berat badan.



Komplikasi Akibat Diabetes


Komplikasi diabetes mungkin jangka pendek atau jangka panjang. Terlepas dari seberapa cepat komplikasi ini berkembang, kurangnya pengobatan mungkin mengancam nyawa. Komplikasi jangka pendek diabetes berkembang dengan cepat dan termasuk kadar gula darah tinggi, kadar gula darah rendah dan ketoasidosis diabetes, di mana darah menjadi asam. Kondisi ini terjadi saat tubuh memecah lemak untuk energi karena sel tidak memiliki akses glukosa. Komplikasi jangka panjang diabetes terjadi karena kadar glukosa darah tinggi merusak pembuluh darah dalam tubuh dari waktu ke waktu. Beberapa komplikasi ini meliputi hipertensi (tekanan darah tinggi), gagal ginjal, masalah penglihatan dan kerusakan saraf. Komplikasi ini membutuhkan waktu untuk berkembang.


Pengobatan DiabetesPengobatan untuk diabetes termasuk mengkonsumsi insulin melalui suntikan, pengobatan anti-diabetes, perubahan gaya hidup dan pemantauan glukosa darah. Menjaga gaya hidup dengan pola makan dan olahraga yang sehat adalah penting, apakah seseorang memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2. Orang yang memiliki diabetes tipe 1 membutuhkan insulin, sementara mereka yang memiliki diabetes tipe 2 dapat minum obat oral. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 mungkin juga perlu mengkonsumsi insulin.


visit :  http://howtotakecareofanewborn.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment