Monday, September 11, 2017

Resep Cara Membuat Bakpao Mudah ,Empuk, Lembut dan Enak

author photo





Cara membuat Bakpao Lembut.Kita semua tentu tau dengan makanan yang memiliki khas warna putih bersih dan juga mempunyai bentuk beranekaragam yang uniik ini.Ya namanya adalah Bakpao.Bakpao dahulu didentikkan dengan orang china karena kebanyakan yang suka makan Bakpao adalah warga Tionghoa.Namun itu semua anggapan yang salah karena nyatanya bakpo merupakan makanan yang di sukai oleh semua etnis dan juga kalangan baik anak anak dewasa dan juga oran tua.


Bakpao yang melegendaris sampai saat ini di antaranya adalah bakpao Boldy dari Malang Jatim,Bakpao Chik Yen,Di Semarang dan bakpao A1 yang banyak tersedia di restoran restoran besar di Jakarta.

Yup,daripada berlama lama ngomongin bakapo daripada ngiler yuk mari kita belajar cara membuat bakpao yang tentunya enak dan lembut selain itu resep yang saya bagikan ini adalah resep sederhana sesuai yang saya praktekkan.



Bahan Bahan Dalam Pembuatan Bakpao.



Untuk membuat bakpao yang mudah namun enak hendaknya pemilihan bahan utama bakpao haruslah yang berkualitas dan bahan bahan membuat bakpao ini bias di dapatkan di took took kue terdekat di daerah Anda.

1.Tepung Terigu 

Untuk membuat bakapo gun akan tepung terigu ber protrin sedang .Hal ini  bertujuan agar bakapo yang di hasilkan mengembang dengan baik dan nantinya bakpao yang sudah jadi bertekstur lembut.Merek dagang yang bias di gunakan adalah Segitiga biru ataupun kunci biru.Jika tidak ada maka bias diganti tepung kompas.



2.Pengembang Bakpao.


Pengembang yang biasa di gunakan untuk membuat bakpao biasanya saya membuat bakpao dengan pengembang merk dagang Mauripan ataupun Fermipan.Selain kedua bahan tersebut biasanya saya menambahkan sedikit baking powder dengan merek dagang kupu kupu.




3.Mentega Putih.

Untuk mentega yang di gunakan untuk membuat bakpao biasanya saya menggunakan mentega putih agar bakpao yang di hasilkan bisa putih dan juga bersih walaupun tanpa pemutih kue.Jika kita tidak menemukan mentega putih bisa juga di guanakan mentega biasa namun beri sedikit pemutih kue agar bakpao yang di hasilkan berwarna putih.Pemutih yang digunakan hendaknya pemutih yang biasa di gunakan untuk membuat kue.Tanya saja kepada penjualnya pemutih untuk kue.




4.Gula Pasir


Gula pasir sangatlah penting dalam semua pembuatan kue yang memerlukan fermentasi.Dimana zat gula inilah nantinya yang menjadikan pengembang fermipan ataupun mauripan menjadi aktif.Untuk itu jangan sampai lupa memberikan gula pasir ya.Oia sekedar tambahan saja kasih sedikit pemanis kue ( sari manis sedikit saja ) agar rasa manis nya menjadi kuat.Pengalaman saya dalam membuat bakapo walaupun di beri banyak gula pasir tanpa sari manis sedikit ,yang ada hanya roti mengembang lebih cepat dan jadinya nanti bisa bantet kalo tidak keburu di kukus rotinya.Untuk Pemberian gula dalam membuat bakpao sebaiknya berilah 15- 20 % dari total gandum atau terigunya.



5.Garam


Mungkin bagi sebagian orang yang belum pernah membuat kue,garam tidak penting padahal garam banyak sekali fungsinya terutama untuk membuat bakpao ini.Kegunaan utama garam adalah untuk  menekan pengembangan bakpao agar tidak terlalu cepat mengembangnnya.Selain itu juga roti yang di hasilkan lebih awet dan ini bisa menjadi pengawet alami tanpa pengawet buatan.Untuk garam beri 1 sendok te saja untu 2 kilo terigu ( itu pengalaman saya lo ya )


6.Air 

Air tentu bahan utama dalam setiap pembuatan apapun termasuk untuk membuat kue bakpao.

Itu semua di atas adalah bahan bahan utama untuk kulit bakpao.Yuk lanjut baca untuk bahan bahan isi.Untuk bahan isi saya hanya akan membagikan isi dengan kacang hijau saja.Untuk membuat bakpao dengan isi yang lain ,bisa di sesuaikan denga selera Anda,mau diisi dengan cokelat ,ayam ,atupun selai buah.



Bahan Isi Bakpao kacang hijau Enak



Untuk membuat isi kacang hijau yang enak .Sebaiknya pilihlah kacang hijau yang berkualitas.Ada dua opsi pertama bisa memakai kacang hijau yang sudah terkupas kulitnya,ataupun kacang hijau yang biasa yang belum terkupas kulitnya.Namun harus yang berkualitas ya.hehehe
  
Bahan bahan untuk membuat isi bakpao



1.1  kg kacang hijau
1.2  gula pasir secukupnya.Biasanya saya menambahkan gula pasir setengah kg untuk 1 kg kacang hijau.
1.3  Mentega seperempat kg
1.4  Susu bubuk 2 sdm
1.5  Garam secukupnya

 

Cara membuat isi bakpao kacang hijau


1.Cuci dan rendam kacang hijau semalaman.Bisa juga tanpa di rendam dulu namun untuk membuat kacang hijau lunak saat di rebus membutuhkan waktu yang lama.Bisa sampai 3 jam an tanpa di rendam terlebih dahulu.
2.Setelah kacang hijau direbus dan lunak maka tumbuklah kacang hijau tersebut sampai benar benar lembut.Bisa juga di blender sedikit sedikit sampai habis dan hasilnya sangat lembut.
3.Setelah lembut kacang hijau.Panaskan wajan dan mentega lelehkan,Tuang kacang hijau susu bubuk dan juga gula pasir.Aduk semuanya hingga 2 jam dan benar benar mirip dodol kacang hijau lembutnya.hehe..mantaaappp
4.Setelah matang dinginkan isian kacang hijau dan selanjutnya membuat adonan kulit bakpaonya.

 

CARA MEMBUAT KULIT BAKPAO YANG MUDAH NAMUN ENAK DAN LEMBUT


Bahan bahan utama membuat bakpao
1.terigu segitiga biru 2 kg
2.fermipan ataupun mauripan 2 bungkus kecil @10gr
3.baking powder ½ sendok the
4.gula pasir ½ kg
5.garam 1 sendok makan
6.mentega putih ¼ kg
7.Sari manis sedikit banget..hehehe
8.Kertas alas roti secukupnya


Cara pembuatan Kulit Bakpao

1.Siapkan wadah baskom atau apalah terserah untuk tempat mengadon bakpaonya.

2.Masukan semua bahan bahan utamanya kecuali air.Aduk semuanya hingga merata

3.Setelah tercampur merata masukan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis sambil di aduk hingga kalis dan benar benar lembut dan tidak lengket di tangan.Kunci utama bakpao lmebut adalah saat mengadon adonannya benar benar lembut dan tidak lengket.
.Setelah itu diamkan adonan sekitar ½ jam sampai mengembang.

4.Setelah mengembang,kempiskan lagi adonan dan bentuk bulatan kecil kecil sebesar buah delima atau bola pimpong lebih sedikit.Diamkan lagi sampai ½ jam agar mengembang.

5.Adonan siap di bentuk.Siapakan penggiling adonan kue atau jika tidak ada bisa menggunakn botol bekas sirup namun harus bersihkan terlebih dahulu.

6.Giling adonan atau bulatan kue nya dengan penggiling sampai pipih dengan ketebalan kira kira ½ cm.Setelah itu berisian bakpao yaitu kacang hijau tadi ( bisa dig anti cokelat atau yang lain ).taruhlah adonan yang sudah terbentuk di atas kertas roti .Bentuk adonan sesuai selera.Kalo saya biasanya membentuk bakpao dengan bentuk mawar karena lebih enak dipandang dan menarik bakpaonya.


6.Setelah semua adonan bakpao terisi diamkan sampai mengembang sempurna kira kira 2 jam an

7.Bakpao sudah mengembang dan siap di kukus kurang lebih selama 20 menit saja dengan api cukup besar.Hati hati saat memasukkan adonan mengembang ke dalam panic kukusan jangan sampai adonan yang mengembang kempis kembali gara gara terlalu banyak goyangan.

7.Buka deh pancinya dan yummmiii.  Bakpao siap di hidangkan selagi hangat.


Itulah cara mudah untuk membuat bakpao yang menurut saya sangat mudah dan simple namun enak dan juga lembut bakpaonya.Terimakasih ya sudah meluangkan waktu utntuk membaca artikel Resep Cara Membuat Bakpao Mudah ,Empuk, Lembut dan Enak

1 komentar:


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement